Rabu, 30 November 2011

Menstruation

Menstruasi? Apasih menstruasi? Kebanyakan orang pasti udah pada tau tentang suatu proses yang terjadi di dalam tubuh perempuan ini. Karena di sekolah saya lagi belajar tentang Sistem Reproduksi *asik loh*, yang didalamnya ada tentang menstruasinya, jadi pengen berbagi cerita tentang menstruasi.

Ketika tubuh perempuan mulai berubah bentuk, ada hal penting yang terjadi dalam tubuhnya, dan tentu saja tidak terlihat. Bermula dari ovarium. Dengan ukuran sebesar buah kenari, kedua organ ini (ovari) letaknya bersandar di kedua pinggul. Ovari tidak hanya menghasilkan hormon yang mendorong pubertas, melainkan berisi bahan mentah untuk kehidupan baru juga. Yaitu ovum atau telur wanita. Yang masing-masingnya memiliki 100 ribu di tubuh para wanita.

Sejak pubertas, setiap bulan salah satu telur ini akan dilepas. Lalu terbawa ke Tabung Fallopi. Telur perlu 3 hari untuk perjalanan 15 cm, dari ovarium ke rahim. Sementara itu, rahim mempersiapkan diri untuk kemungkinan hamil. Dindingnya menebal, siap menjadi tempat telur yang dibuahi. Dinding rahim menebal sampai 1 cm. Tujuannya adalah untuk memelihara kehidupan baru. Akan tetapi, jika telur tidak dibuahi, lapisan dinding rahim yang sudah menebal tidak dibutuhkan. Sehingga meluruh dan terjadilah menstruasi :D

Nah itu cuma singkaaaaaatnya sekali dari menstruasi. Mau ngejelasin semua yang udah diketahui, tapi males XD Penjelasan ini juga banyaknya dari video yang dikasih Mrs. Fera (guru biologi).

Mungkin secara lebih simplenya lagi, bisa diwakili oleh video ini :



Atau secara lebih ribetnya, (-__-) dan lebih lengkap,  yang ini :


Nah gitu deh lebih kurangnya tentang menstruasi.
Semoga berguna yaaaa :)



0 komentar:

Posting Komentar